Senin, 12 Oktober 2015

Mystery Shopping Indonesia

Mystery Shopper adalah orang yang menyamar sebagai pembeli di toko tertentu dengan tujuan mendapatkan informasi mengenai toko itu. Di luar negeri khususnya Eropa dan Amerika, Mystery Shopper bukan hal baru karena ide dari model penigkatan pelayanan bisnis ini asalnya dari sana. Sedangkan di Indonesia masih terbilang baru karena masih banyak orang belum tahu keuntungan menjadi Mystery Shopper "Pembeli Rahasia" terlebih dibayar dengan menggunakan Euro dan Dollar. Selain itu, profesi ini cocok dijadikan sebagai part-time dan kerjanya sangat fleksibel apalagi buat nambah uang jajan anak mahasiswa. Anda hanya perlu memilih kapan waktu yang pas mengunjungi toko sebagai Mystery Shopper.

Salah satu penyedia Mystery Shopper terbaik di Indonesia yaitu Helion Research yang berpusat di Denmark. Selain membuka lowongan kerja Mystery Shopper, Helion Research juga membuka peluang sebagai Auditor dengan bayaran yang lebih besar. Dua bulan yang lalu saya bergabung dan mendapatkan dua projects mengunjungi dua toko komputer yang ditunjuk oleh perusahaan pembuat chip processor Intel. Saya hanya diberi tugas mengaudit sekitar berapa banyak Laptop, PC, 2 in 1, dan Chromebook yang menggunakan processor Intel dan harus melampirkan minimal foto minimal satu. Skenario yang diberikan tidaklah sulit karena semuanya diberikan petunjuk secara mendetail beserta cheatsheet.

Selesai melaksanakan audit, semua data yang didapat dari toko yang ditunjuk dimasukkan di situs Helion Research beserta fotonya. Laporan yang dimasukkan akan segera dievaluasi dan Anda hanya menunggu pembayaran dalam bentuk Euro dari pihak Helion Research. Anda harus memiliki Paypal atau Skrill untuk menerima pembayaran. Saya pribadi menyesal menggunakan Paypal karena Euro langsung dikonversi ke Dollar, padahal jika dikonversi ke Rupiah tentunya Euro jauh lebih besar. Sebaiknya menggunakan Skrill saja. Silahkan mendaftar di Skrill lalu pilih Euro. Transfer uang dari Skrill ke rekening lokal di Indonesia jauh lebih mudah dari pada Paypal. Bukti pembayaran dari Helion Research.





Syarat Bergabung di Helion Research
Helion Research mewajibkan Mystery Shopper bisa berbahasa Inggris minimal passif karena laporan harus dalam Bahasa Inggris. Tapi tidak usah khawatir asalkan Anda bisa menulis laporan secara sederhana, singkat, dan jelas itu sudah lebih dari cukup. lagi pula akan ada trainingnya di situsnya.
Sediakan foto close up terserah formal atau tidak asalkan foto wajah jelas. Sediakan juga scan KTP untuk verifikasi identitas. Selanjutnya isi semua kolom profile yang diwajibkan. Setelah semuanya selesai sampai 100% langkah terakhir yaitu mengikuti Training sebagai Mystery Shopper sampai mendapatkan sertifikat kelulusan. Training disini meliputi pengenalan apa itu Mystery Shopper, cara melakukan Mystery Shopping, Audit, dan pelaporan.

Setelah proses pendaftaran dan training selesai, Anda bisa langsung memilih projects yang sesuai dengan tempat Anda. Pilihlah tempat yang mudah dijangkau dengan kendaraan dan dekat dari rumah. Sesuaikan waktu kapan bisa kesana. Sebaiknya pilih waktu weekend atau pulang kerja.

Sebelum Mengunjugi Toko
Print surat jalan dari Helion Research guna menghindari kecurigaan pemilik toko lalu jelaskan baik-baik maksud kedatangan. Baca kembali baik-baik skenario yang diberikan Helion Research. Tidak perlu menyediakan pulpen dan kertas, cukup HP yang bisa ambil foto dan merekam suara saat mengumpulkan data. Lucunya saya dulu, install aplikasi perekam video tapi layarnya sengaja dimatikan jadi tidak ada curiga dari staff toko.
Ayo daftar di sini: https://evaluator.helionresearch.com/r/s1185261

Mystery Shopping Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar